5 Tempat Wisata Semarang Yang Wajib Dikunjungi

Ketika melihat angka merah di kalender membuat saya fokus ke dalam suatu hal yaitu liburan. Setelah saya di sibukan dengan pekerjaan di kantor tanggal merah selalu saya gunakan untuk berlibur bersama keluarga, selain menghilangkan rasa penat setelah bekerja keras di kantor kita juga bisa menghabiskan waktu dan melepas kangen bersama keluarga. Berhubung waktu libur saya tidak panjang saya harus benar – benar memikirkan dan membuat schedule bagaimana dan kemana kita akan liburan. Setelah mencari referensi kesana kemari dan akhirnya kita memutuskan untuk wisata semarang. Kenapa wisata semarang ? Kami mendengar kabar di Semarang terdapat beberapa tempat wisata alam yang menakjubkan terlebih kita sekeluarga memang belum pernah berlibur ke Semarang, hal inilah yang membuat saya semakin yakin untuk pergi kesana.

Untuk mencapai Semarang dari Jakarta kita bisa menggunakan beberapa alat transportasi seperti Kereta , Mobil , maupun Pesawat. Akan tetapi karena memang niat kita liburan dan kita tidak mau merasa lelah di perjalanan akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan pesawat. Kami menggunakan pesawat Citilink dari Bandara Halim menuju Semarang dengan jarak tempuh sekitar 1 Jam 10 Menit. Setiba disana kita menginap di hotel dengan biaya yang menurut saya lebih murah daripada hotel yang ada di jakarta. Dan esoknya kami mulai untuk pergi ke tempat – tempat yang sudah kami rencanakan sebelumnya. Berikut merupakan tempat – tempat yang kami rencanakan dan paling cocok di kunjungi saat wisata semarang :

Desa Wisata Lembah Kalipancur

Salah satu ciri khas di tempat ini yaitu terdapatnya suatu bangkai pesawat yang terdampar di suatu bukit yang hijau dan indah yang terletak di daerah Ngaliyan, Semarang. Pada awalnya saya berfikir bahwa pesawat ini terjatuh di lembah ini , namun saya sedikit heran karena badan pesawat masih utuh sehingga membuat saya bertanya ke warga sekitar dan ternyata bangkai pesawat tersebut sengaja di bawa dan di letakan di lembah tersebut. Saya penasaran bagaimana cara membawa pesawat yang berukuran besar tersebut, dan ternyata pesawat tersebut di bawa menggunakan container dengan cara di preteli bagian bagian nya dan merakitnya kembali di lembah kalipancur. Ini membuat saya terkesan dan membuat saya terlena atas keindahan alam yang terdapat di Lembah Kalipancur. Tidak hanya itu, ada beberapa wahana di Lembah Kalipancur seperti kolam renang , hutan jati , pemancingan dan ada beberapa kandang ternak.

Alamat: Jl.Penataran Raya, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50183
Telepon: (024) 762 9990
Jam Operasional: 09.00 – 20.00
Tiket Masuk: Rp3.000,-

Watu Gunung Ungaran

Tempat ini biasa di sebut Kolam Renang Larep, di tempat ini terdapat sebuah danau buatan yang di kelilingi dengan pohon – pohon yang rindang dan terdapat beberapa tempat berteduh untuk kita bersantai dan memancing ikan . Tidak hanya itu karena di tempat ini menggunakan konsep kebudayaan jadi terdapat beberapa joglo atau rumah adat jawa yang di bangun di tengah – tengah danau buatan. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk spot foto di tempat ketinggian. Kita juga jangan takut merasa lapar jika tidak membawa bekal karena di tempat ini sudah di sediakan rumah makan dan kita bisa memancing ikan segar di rumah makan tersebut.

Alamat: Jalan Srikandi Raya No. 1, Ds Lerep,Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50519.
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Tiket Masuk: Rp15.000,-

Taman Nasional Karimunjawa

Jika kita ingin pergi kesebuah pulau yang memilik pantai pasir putih Taman Nasional Karimunjawa merupakan tempat yang paling tepat untuk kita kunjungi. Tempat ini berada di jepara yang terletak sekitar 92km ke arah utara dari semarang. Di tempat tersebut ada beberapa pulau yang siap di singgahi dan kabarnya ada pulau tak berpenghuni di tempat tersebut.Tidak seperti di kota metropolitan yang padat dan penat di tempat ini sangat sunyi dan sejuk, kita bisa menikmati indahnya alam dan udara segar di tempat ini. Tidak hanya itu, di beberapa tempat makan kita akan di suguhkan makanan segar hasil tangkapan langsung dari alam. Karena tempat ini sebagai kawasan konservasi, Karimunjawa memiliki flora dan fauna yang melimpah muai dari ikan – ikan yang berwarna warni , terumbu karang, buah – buahan dan masih banyak jenis burung yang terbang bebas di udara. Kita juga dapat melakukan sesuatu ayng lebih exkstrim di tempat tersebut seperti berenang bersama hiu – hiu.

Brown Canyon

Tempat ini sebenarnya bukan alami terbuat karena alam, akan tetapi ada campur tangan dari manusia atau bahkan memang sepenuhnya buatan manusia. Brown Canyon merupakan tempat wisata bekas galian sehingga membuat beberapa ukiran dan tebing – tebing yang tampak terbuat karena kejadian alam. Ditempat ini sangat cocok untuk olahraga ekstrim seperti Downhill dikarenakan terdapat beberapa trek ekstrim. Tempat ini berlokasi di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50279. Akan tetapi jika anda berniat untuk mengunjungi ini gunakanlah kendaraan yang benar – benar mumpuni di karenakan medan yang cukup sulit untuk dilalui menggunakan kendaraan biasa.

Umbul Sidomukti

Tempat ini terdapat di kaki gunung ungaran, komplek ini memang sengaja di bangun di daerah perbukitan yang bermaksud agar kita dapat menikmati keindahan di Semarang Atas. Ada beberapa wahana yang di sediakan di komplek umbul salah satunya outbond. Kita dapat meluncur dari ketinggian sambil menikmati indahnya bukit di komplek tersebut. Tidak hanya itu kita di suguhi dengan kolam pemandian sejuk yang akan membuat badan kita fresh dan merasa terlahir kembali. Disana juga di sediakan beberapa penginapan untuk pengunjung yang merasa betah dan merasa tidak cukup sehari untuk menikmati keindfahan bukit di Umbul Sidomukti.

Lokasi: Desa Sidomukti Jimbaran, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
50661
Telepon: (0298) 713 7009 / 0828 9203 1261
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp10.000,- / Paket Outbound: Rp40.000,-

Demikian beberapa tempat wisata semarang yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi, karena tempat – tempat tersebut merupakan wisata alam yang paling mudah di kunjungi dan tidak memerlukan tiket masuk yang mahal. Tidak hanya itu kita dapat menikmati beberapa keindahan sekaligus sekali pergi ke Semarang.